Menkes Tuding Keengganan Pakai Kondom Picu Peningkatan HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 09 October 2012
Topik: HIV/AIDS


Terjadi peningkatan penderita HIV/AIDS di hampir seluruh daerah di Indonesia. Menurut Menkes, salah satu pemicunya adalah rendahnya kesadaran menggunakan kondom.

Riauterkini, 08 Oktober 2012

PEKANBARU - Jumlah penderita HIV/AIDS di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Salah satu faktor utamanya menurut Menteri Kesehatan RI Dr Nafsiah Mboi adalah penggunaan kondom dalam berhubungan seks masih sangat rendah dan ditambah prilaku seks beresiko cukup tinggi.

"Penderita HIV/AIDS di Indonesia terus mengalami peningkatan. Disebabkan prilaku sek beresiko masih cukup tinggi dan penggunaan kondom saat melakukan hubungan seks masih rendah," kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi kepada wartawan, Senin (8/10/12) di RSUD Arifin Achmad saat memberikan ucapan selamat ditetapkanya RSUD Arifin Achamd sebagai rumah sakit pendidikan.

Untuk menanggulangi dan meminimalisir penyakit yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya ini, pihaknya telah melakukan pendekatan dari sektor hulu. Seperti pendidikan, agama, moral dan penyuluhan-penyuluhan dan lain-lain.

"Karena pendekatan yang kita gunakan dari hulu, makanya kita lebih gencar lagi menanggulangi penyakit HIV/AIDS ini dengan berbagai cara, seperti pendekatan agama, moral dan penyuluha-penyuluhan terutama bahaya Narkoba bagi anak dan usia produktif," jelasnya.

Disamping itu juga, tambah Menkes untuk menanggulangi dan meminimalisir pertambahan penderita HIV/AIDS yang terus meningkat. Semua pusat kesehatan dasar di Indonesia, mulai dari Puskesmas sampai rumah sakit rujukan bisa memberikan pelayanan dan bantuan kesehatan terhadap penderita HIV/AIDS.

"Prilaku sehat di masyarakat sampai saat ini masih rendah. Makanya, nanti kita integrasi dari pelayanan terkecil sampai rujukan akan kita buat dan promosi prilaku sehat harus terus ditingkatkan melaui penyuluhan agama, pendidikan," ujarnya.***(jor)

Sumber: http://www.riauterkini.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6948