Tiga Lembaga di Rohil Sosialisasi Bahaya Narkotika dan HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 09 October 2012
Topik: HIV/AIDS


Digelar sosialisasi bahaya penyalagunaan narkotika dan bahaya penyebaran HIV/AIDS. Kegiatan ini ditaja KPA, BNK dan Dinas Kesehatan Sosial Rohil.

Riauterkini, 08 Oktober 2012

BAGANSIAPIAPI - Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir berkomitmen untuk menekan perkembangan Human Immunodeficiency Virus (HIV) AIDS.

Demikian ditegaskan oleh Kadiskes Rokan Hilir (Rohil) Dr Muhammad Junaidi Saleh ketika ditemui wartawan usai melaksanakan senam massal di halaman kantor bupati jalan Merdeka Bagansiapiapi, Sabtu (6/10) akhir pekan kemaren.

Memang diakuinya bahwa kasus HIV AIDS tahun ini (2012,red) di Kabupaten Rokan Hilir ada peningkatatan daripada tahun lalu, namun dia tidak memberitahukan secara rinci berkembangan kasus tersebut.

Data rinci katanya memang ada, tapi di kantor, namun peningkatan kasus tersebut di dapat datanya setelah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan juga ke PSK (Pekerja Sex Komersil) sehingga mereka tersebut mengerti dan semakin menyadari tentang penyakit HIV itu.

Dikatakanya lagi, untuk menekan angka perkembangan virus HIV tentunya dengan obat anti virus HIV yakni obat ART (Anti Retroviral Therapy). Obat ini tersedia di VCT (Voluntary Counselling and Testing) Klinik yang ada di RSUD Dr Pratomo jalan Pahlawan Bagansiapiapi, VCT Mobile dan di Puskesmas Baganbatu kecamatan Bagansinembah untuk Kabupaten Rokan Hilir.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat cepat diketahui berapa jumlah kasusnya,” tuturnya.

Pada hari yang sama, Ketua BNK (Badan Narkoba Kabupaten) Rokan Hilir yang juga Ketua Komisi Penanggulangan AIDS/HIV Daerah (KPA) Daerah Rokan Hilir H.Suyatno menegaskan pada Selasa mendatang (9/10) KPA Daerah Rokan Hilir dan BNK Rokan Hilir melakukan sosialisasi tentang penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDs (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) di daerah Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Hal ini disebutnya sebagai antisipasi di daerah pesisir yang strategis terhadap penyebaran karena berdekatan dengan Negara tetangga. “Selasa mendatang kita melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang penyalahgunaan narkoba dan penyebaran HIV/AIDs di Panipahan,” pungkas H.Suyatno yang juga wakil bupati Rokan Hilir kepada wartawan.***(nop)

Sumber: http://www.riauterkini.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6949