Kiai NU Jihad Lawan AIDS
Tanggal: Wednesday, 10 October 2012
Topik: Narkoba


okezone.com, 09 Oktober 2012

JAKARTA - Meningkatnya kasus HIV AIDS di Indonesia menjadi keprihatian PBNU. Dari data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), jumlah kumulatif kasus HIV di Indonesia adalah 86.762 orang dan jumlah kasus AIDS sebanyak 24.421 orang.

"HIV AIDS merupakan wabah serius yang bukan hanya menjadi persoalan kesehatan semata, melainkan sudah menjadi persoalan sosial dengan berbagai aspeknya," kata Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj di kantornya Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2012).

Dia menambahkan, penularan HIV AIDS sudah semakin dekat bahkan merambah pada ibu rumah tangga. Pengguna narkoba suntik mempunyai kontribusi yang cukup besar.

"Para kiai/ulama sebagai waratsatul anbiya (pewaris Nabi) turut hadir memikirkan persoalan-persoalan yang nyata dalam denyut nadi kehidupan masyarakat itu sendiri," tandasnya.

Menurutnya, penyebaran penularan HIV AIDS perlu sama-sama dihadapi. "Ulama tidak hanya sebagai panutan yang tinggal di istana gading, tetapi bersama-sama dengan masyarakat membangun kualitas hidup yang lebih baik," tandasnya.

PBNU menggaris bawahi pentingnya upaya nyata yang telah teruji dan dengan melibatkan semua unsur termasuk pemerintah, ulama, masyarakat dalam penanggulangan HIV AIDS di Indonesia.

"Ulama wajib mendukung upaya pemerintah dan pihak-pihak lain dalam menanggulangi penyebaran dan pencegahan HIV AIDS serta terlibat langsung di dalamnya dengan tetap mempedomani qaidah-qaidahnya," pungkas Said.

Sumber: http://news.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6953