Butuh Langkah Bersama Cegah HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 15 October 2012
Topik: HIV/AIDS


Pontianak Online, 13 Oktober 2012

SINTANG--Bupati Sintang Milton Crosby menginstruksikan, agar unit kerja segera mengambil langkah yang tepat dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS.Unit kerja yang secara langsung berhubungan dengan penanggulangan penyebaran HIV/AIDS yakni Bappeda, BKB dan PP, Badan Kesbangpolinmas, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinsosnakertrans, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perhubungan, RSUD AM Djoen, Kantor Kementerian Agama, Bagian Kesra dan Bagian Inforkom.

“Kita harus meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Sangat dibutuhkan langkah dan komitmen bersama, khususnya unit kerja yang ada agar memberikan peran serta dalam perencanaan program yang mendukung upaya penanggulangan HIV/AIDS,” kata bupati, kemarin. Menurut Milton, berdasar laporan Dinas Kesehatan per Mei 2012, total pengidap HIV/AIDS mencapai 109 orang. Sebanyak 79 orang diantaranya masih hidup dan 30 orang sudah meninggal dunia. Mereka terdiri atas dari 54 orang pengidap HIV dan 25 orang positif AIDS.

Bupati merasa sangat prihatin dengan data yang disajikan Dinas Kesehatan. Maka semua SKPD dilingkungan Pemkab Sintang, diminta mengambil peran maksimal dalam penanggulangan HIV/AIDS. “Perlu langkah dan antisipasi yang terarah serta terukur,” kata Milton.Kepala Bagian Inforkom AM. Hermanto mengaku, siap membantu instansi lain dalam bahu membahu menanggulangi dan mencegah penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Sintang.

Itu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Bagian Inforkom, yakni menyebarkan informasi dan sosialisasi tentang apa itu HIV/AIDS melalui media massa, memfasilitasi agar setiap pertemuan yang melibatkan masyarakat banyak memasukan sesi tentang pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS.

Seperti diberitakan harian ini, Rabu (10/10), berdasar data Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Sintang tercatat sudah 32 pengidah HIV meninggal di Sintang. Sementara jumlah pengidap sampai Oktober 2012 terdata sebanyak 113 orang. “Sampai Oktober ini mereka yang meninggal akibat terinfeksi HIV sebanyak 32 orang,” kata Sekrestaris KPAD Kabupaten Sintang, Rizali, kepada Pontianak Post, kemarin.Sementara pada September lalu jumlah pengidap penyakit HIV/AIDS adalah 109 orang, dan 30 orang yang meninggal. Data tersebut menunjukkan ada kenaikan dalam satu bulan terakhir untuk data pengidap HIV/AIDS di Sintang. (stm)

Sumber: http://www.pontianakpost.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6967