Kota Semarang Bentuk Perda Penanggulangan HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 23 October 2012
Topik: HIV/AIDS


Metrotvnews.com, 18 Oktober 2012

Semarang: Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penanggulangan HIV/AIDS dalam tahap pembahasan pemerintah dan DPRD Kota Semarang, Jawa Tengah, dengan target selesai akhir Oktober 2012.

"Kami menilai Kota Semarang membutuhkan Perda Penanggulangan HIV/AIDS karena kasusnya menduduki peringkat pertama di Jateng," kata Sekretaris Pansus Perda Penanggulangan HIV/AIDS DPRD Kota Semarang Uti Indrawati di Semarang, Kamis (18/10).

Uti mengaku saat ini Pemkot dan DPRD Semarang terus mengejar penyelesaian pembahasan Raperda Penanggulangan HIV/AIDS, dengan pembahasan dilakukan setiap hari.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Semarang, Mada Gautama, menyebutkan di Kota Semarang secara kumulatif sejak 1995 hingga September 2012 terdapat 2.110 kasus penyakit tersebut.

"Bahkan jika dilihat pada tahun 2011, terdapat 1.711 kasus dan sudah ada penambahan sebanyak 399 kasus selama Januari hingga September 2012," katanya.

Untuk AIDS, katanya, data secara kumulatif pada 1998 hingga September 2012, ada 314 kasus dengan 50 penderita akhirnya meninggal dunia.

"Jumlah kasus HIV/AIDS merupakan fenomena gunung es, karena jumlah kasus yang ketahuan hanya 20 persen," katanya.

Pertumbuhan kasus HIV/AIDS di Kota Semarang tersebut, kata Mada, disebabkan sejumlah faktor di antaranya karena seks bebas, berganti-ganti pasangan, dan seks sesama jenis.(Ant/DNI)

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6983