3 Anak Tertular HIV di Kediri
Tanggal: Monday, 29 October 2012
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 26 Oktober 2012

KEDIRI - Jumlah anak di Kabupaten Kediri yang terinfeksi HIV / AIDS kembali bertambah. Tahun ini, dinas kesehatan setempat menemukan tiga anak berusia 0 – 8 tahun yang positif mengidap virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh itu. Ditengarai, anak – anak tidak berdosa itu tertular HIV dari orangtuanya.

Data yang dihimpun Surya menunjukkan, sejak ditemukan kali pertama pada 2010 lalu, jumlah kasus HIV / AIDS pada anak cenderung bertambah. Dengan adanya temuan tiga kasus baru pada tahun ini, maka total ada 12 anak yang mengidap HIV / AIDS.

Anak – anak tersebut ditengarai tertular dari ibunya yang lebih dulu mengidap virus tersebut. Penularan bisa terjadi pada masa kehamilan, saat melahirkan maupun saat menyusui. Biasanya, ibu dari anak yang tertular enggan memeriksakan kesehatannya sejak dini sehingga tidak tahu jika dirinya juga mengidap HIV / AIDS.

“Padahal kalau sejak awal ibu tahu dan mau memeriksakan kesehatan serta mengikuti pendampingan apabila positif ODHA, maka penularan pada anak bisa dicegah,” ujar Kasi Pemberantasan Penyakit Menular Langsung (P2ML) Dinkes Kabupaten Kediri, Nur Munawaroh, Jumat (26/10/2012).

Dengan kondisi ini, dinkes menggencarkan upaya pemahaman pada ibu – ibu yang masuk dalam kelompok beresiko tinggi agar rutin memeriksakan kesehatannya. Ibu ODHA yang hamil juga terus didampingi untuk mengantisipasi penularan HIV pada buah hatinya. Tercatat tahun ini, ada delapan ibu ODHA yang menjalani pendampingan kehamilan.

Selain itu, dinkes juga terus memantau kondisi kesehatan dan perkembangan anak yang positif tertular HIV. Mereka terus diberi pengobatan untuk mencegah perkembang biakan virus dalam tubuhnya sehingga tetap dapat beraktifitas seperti teman sebayanya.

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7014