Ditemukan, Ibu Hamil Terjangkit Virus HIV di Tambora
Tanggal: Tuesday, 30 October 2012
Topik: HIV/AIDS


Pos Kota, 29 Oktober 2012

TAMBORA – Seorang Ibu hamil yang terjangkit HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrome) ditemukan lagi ketika memeriksa air seninya (urinennya) di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tingkat Kecamatan Tambora di Jakarta Barat.

Kepala Puskesmas Kecamatan Tambora, drg. Silvia MAP, membenarkan penemuan itu.”Ibu hamil yang memeriksakan urinennya Senin (29/10), selain diperiksa hemaglobinnya (HB) juga diperiksa terjangkit HIV atau Spilis, ternyata Ibu hamil ini terjangkit HIV, ” jelas dr.Slivia.

Tertularnya Ibu hamil tersebut setelah menikah dengan suami kedua.”Hari ini juga kami memeriksakan anak pertama dari suami pertama, tapi ternyata anak pertamanya tidak terjangkit (negative). Dan kami sudah meminta agar ibu hamil ini secara rutinitas memeriksakan kesehatannya, Gizi serta segera cepat melaporkan jika terjadi infeksi, ” harapnya.

SAMPAI TIGA BULAN

Dengan ditemukannya ibu Hamil itu, menjadi tiga orang wanita yang terjangkit virus HIV. Sedang dua ibu melahirkan yang terkena HIV , sehingga bayinya harus dirawat secara intensif karena kondisi bayinya dalam kondisi gizi buruk .

“Akan dilakukan pemeriksdaan secara intensif sampai 3 bulan kedepan, baik untuk anak yang masih berusia 3 pekan maupun bagi bayi berusia 3 bulan..”jelasnya.

Kedua ibu yang terjangkit HIV/AIDS setelah dilakukan pemeriksaan secara terintegrasi dan terkoordinasi.”Setelah diketahui positif kedua ibu terjangkit HIV maka dirujuk ke RSUD Tarakan Jakarta Pusat sampai melahirkan. Jadi melahirkannya bukan di Puskesmas Tambora, tapi di RSUD Tarakan,” kata drg.Silvia. (herman/dms)

Sumber: http://www.poskotanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7025