Kasus HIV/AIDS di Lebak Meningkat
Tanggal: Thursday, 01 November 2012
Topik: HIV/AIDS


Suara Pembaruan, 31 Oktober 2012

[SERANG] Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Lebak hingga 2012 mengalami peningkatan mencapai 117 orang. Padahal sebelumnya jumlah kasus HIV/AIDS di Lebak hanyak 88 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, H Maman Sukirman mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki terhitung sepanjang lima bulan terakhir ditemukan kasus HIV/AIDS sebanyak 29 kasus. Padahal sebelumnnya data terhitung bulan Januari 2012 hanya 88 orang.

“Jadi, untuk total kasus HIV/AIDS hingga Oktober 2012 sebanyak 117 orang. Dari jumlah itu 28 di antaranya meninggal dunia,” katanya, Senin (29/10). Maman mengungkapkan, penambahan 29 kasus warga terjangkit HIV/AIDS di antaranya berstatus ibu rumah tangga, wanita pekerja sek komersil (PSK), dan ironisnya laki-laki masih di bawah umur.

“Data yang kami terima tersebut merupakan laporan pihak RSUD Dr Adjidarmo Rangkasbitung. Pendataan yang dilakukan pihak RSUD Dr Adjidarmo pada saat penderita menjalani perawatan di RSUD tersebut. Penderita datang ke RSUD karena keluhan penyakit lain. Jadi pasien tidak mengetahui pendataan yang dilakukan pihak RSUD Dr Adjidarmo,” jelasnya.

Maman menegaskan, pihaknya telah menugaskan staf Dinkes Kabupaten Lebak untuk melakukan survey kepada setiap warga yang terjangkit HIV/AIDS tersebut.

“Tujuannya untuk lebih mengetahui sejauh mana kronologisnya sehingga dengan mudah terinveksi virus yang mematikan itu,” jelas Maman.

Sementara, Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Lebak, Sri Agustina mengatakan, sebanyak 31 orang di antara penderita HIV/ AIDS tersebut sudah diberikan bantuan berupa multivitamin dari pihak PT Angkasa Pura. [149]

Sumber: http://www.suarapembaruan.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7027