Tak Ada Pengidap AIDS di Konawe Utara
Tanggal: Monday, 05 November 2012
Topik: Narkoba


INILAH.COM, 02 November 2012

Wanggudu - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Utara (Konut), tidak menemukan adanya penyebaran penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinkes Konut, Nurjana, baru-baru ini. "Kami telah melakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel disejumlah titik, hasil yang kita peroleh negatif atau tidak ditemukan adanya penyebaran HIV dan AIDS," kata Nurjana. Menurut Nurjana, beberapa titik yang diadakan pemeriksaan oleh Dinkes khususnya bidang Pencegahan Penyakit menular tersebut adalah di tempat-tempat rawan, seperti di cafe-cafe yang banyak tersebar di daerah itu.

Kendati menunjukkan hasil negatif, kata Nurjana, indikasi adanya pengidap dan penyebaran penyakit ini masih bisa saja terjadi. Hal ini dikarenakan masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri, juga karena masih banyak pekerja-pekerja malam yang enggan untuk diperiksa.

"Khusus untuk pekerja malam, mereka masih merasa risi untuk diperiksa, sehingga untuk memastikan pengidap dan penyebaran penyakit ini tidak seratus persen," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pasca ditemukannya warga asal Konut pengidap HIV/AIDS yang meninggal di Makassar, Pemda setempat langsung merencanakan dan mengagendakan untuk melakukan pengidentifikasian penyakit itu.

Apalagi korban tersebut merupakan pekerja malam dan diisukan kerap berhubungan dengan pekerja-pekerja tambang.

Selain itu juga pemerintah akan segera membetuk Komisi pemberantasan AIDS. Pembentukan komisi AIDS ini tinggal menunggu mandat dari bupati. [gus]

Sumber: http://sindikasi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7033