Pertahun, 400 Orang Tertular HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 05 November 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 04 November 2012

SEMARANG - Data mengejutkan didapat Dinas Kesehatan Kota Semarang. Setidaknya tiap tahun, ada sekitar 400 warga yang terdeteksi tertular virus Human Immunodeficiency dan Acquired Immune Deficiency atau HIV AIDS di Kota Semarang.

Temuan ini berdasarkan hasil klinik Voluntary Conselling Testing (VCT) di beberapa rumah setempat yang dilaksanakan belum lama ini.

"Tahun 2011 terdapat temuan sebanyak 427 orang. Tahun ini, hingga bulan September mencapai 399 kasus," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono.

Kasus HIV/AIDS memang seperti fenomena gunung es. Yang terlihat hanyalah kasus yang sudah ditemukan.

Menurut Widoyono, jumlah ini sangat memprihatinkan, karena temuan naik dari tahun 2010. Identitviikasi penderita yang tertular oleh virus mematikan itu berdasarkan uji klinik VCT di Rumah Sakit Karyadi, Ketileng, Citarum dan Tugurejo.

"Lebih banyak temuan dan identifikasi penularan, memudahkan kami untuk melakukan pengawasan. Jika tidak ditemukan, malah mengkhawatirkan. Karena penyebarannya bisa tak terpantau," ujarnya.

Dia berharap, keberadaan klinik VCT di beberapa rumah sakit, bisa menambah pengetahuan penderita atau masyarakat umum yang awalnya belum banyak tahu tentang HIV AIDS. Khususnya dalam upaya penanggulangan penyakit yang belum ada obatnya ini.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7037