45 Persen Pengidap HIV/AIDS di Indonesia Kaum Muda
Tanggal: Monday, 05 November 2012
Topik: HIV/AIDS


Berita Satu, 05 November 2012

Fakta tersebut merupakan ancaman nyata bagi kualitas masa depan SDM bangsa.

Dari total kasus HIV/AIDS di Indonesia yang dilaporkan pada 1 Januari-30 Juni 2012 tercatat sebanyak 9.883 kasus HIV dan 2.224 kasus AIDS, dengan 45 persen di antaranya diidap oleh kaum muda.

"Jumlah ini cukup besar dan memprihatinkan sekaligus mengancam hancurnya program investasi sumber daya manusia untuk mendukung pembangunan," kata Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Sudibyo Alimoeso, di Pekanbaru, Minggu (4/11).

Sudibyo menambahkan generasi muda Indonesia yang terlibat narkoba tercatat sebanyak ada 27 persen dan pergaulan seks bebas tercatat sebesar 20,9 persen. Adapun, data terakhir BKKBN mencatat jumlah populasi pemuda Indonesia mencapai 74 juta jiwa.

Fakta di atas, kata Sudibyo, merupakan ancaman nyata bagi kualitas masa depan SDM bangsa. Oleh karena itu, lanjut dia, remaja harus terhindar dari kasus-kasus HIV/AIDS dan narkoba karena begitu pentingnya keberadaan kaum muda dalam menopang pembangunan bangsa Indonesia nantinya

Ditambahkan Sudibyo, kasus kaum muda yang terjerumus dalam narkoba, HIV/AIDS, dan pergaulan bebas ini bisa dikurangi jika remaja memiliki Pusat Informasi Konseling pada tiap sekolah dan perguruan tinggi yang siap memberikan pelatihan dan pemahaman kepada mereka setiap saat.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7039