Menkes Minta Sulbar Waspada Penyebaran HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 06 November 2012
Topik: HIV/AIDS


Metrotvnews.com, 06 November 2012

Mamuju: Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mewaspadai penyebaran virus Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

"Sulbar sebagai daerah berkembang sangat rentan menjadi daerah penyebaran virus HIV/AIDS sehingga pemerintah harus mewaspadainya," ujar Menteri Kesehatan di Mamuju, Selasa (6/11), saat menghadiri acara rapat kerja kesehatan daerah (Rakesda) Pemerintah Provinsi Sulbar.

Menkes diterima Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh didampingi sekertaris daerah (Sekda) Sulbar Ismail Zainuddin, serta pejabat satuan perangkat daerah Provinsi Sulbar. Rapat juga dihadiri beberapa Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan se Provinsi Sulbar dan Direktur Rumah Sakit se Provinsi Sulbar.

Menkes mengatakan, daerah maju dan berkembang di Indonesia selalu menjadi sarang virus HIV/AIDS. Biasanya, daerah berkembang juga marak dengan tempat praktek prostitusi.

"Tempat prostitusi paling rentan menjadi penyebaran virus HIV/AIDS karena penyebaran penyakit tersebut paling mudah melalui hubungan seks bebas dan berisiko,"katanya.

Menurut dia, masalah itu hendaknya diwaspadai agar daerah tidak menjadi ladang penyebaran virus HIV/AIDS, pemerintah harus segera mengantisipasi dengan menyusun berbagai program penanggulangannya.

"Bukan hanya pelaku seks bebas yang menjadi korban dari virus mematikan itu, tetapi masyarakat umum seperti ibu rumah tangga akan menjadi korban. Data Kementrian Kesehatan yang terakhir menyebutkan ibu rumah tangga yang tidak berperilaku berisiko juga terinfeksi virus mematikan itu," katanya.

Oleh karenanya program pemerintah di Sulbar harus starategis dan jitu mewaspadai penyebaran virus itu sesuai dengan melakukan pengendalian dan pencegahan penyebaran virus secara maksimal dan terkoordinasi.

"Aparat pemerintah di Sulbar seperti dinas kesehatan, dinas sosial, satpol PP dan instansi lainnya yang bisa berkoordinasi, harus bersama melakukan pencegahan penyebaran penyakit berbahaya itu," katanya.(Ant/RZY)

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7044