KPAP DKI Petakan Masyarakat Rentan HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 07 November 2012
Topik: HIV/AIDS


BERITAJAKARTA.COM, 06 November 2012

Agar program dan kebijakan yang diterapkan tepat sasaran, Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta melakukan pemetaan populasi kunci terhadap masyarakat terkait penanggulangan HIV/AIDS di ibu kota. Pemetaan dilakukan dengan mengadakan dialog serta menyepakati data-data dengan berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM), untuk mengetahui masyarakat yang rentan terkena dan terjangkit HIV/AIDS.

Sekretaris KPAP DKI Jakarta, Rohana Manggala mengatakan, pihaknya menyertakan berbagai lembaga sosial yang konsen terhadap masalah AIDS, agar program KPAP DKI Jakarta dapat betul-betul tepat sasaran. Hal ini, kata Rohana, juga sebagai sebuah rangkaian pemetaan respon mengenai jumlah populasi orang yang rentan terkena maupun terjangkit HIV/AIDS seperti, wanita pekerja seks tidak langsung, waria dan lain sebagainya.

"Ini adalah rangkaian pemetaan respon hari terakhir, dimana semua Komisi Penanggulangan AIDS Kota dan Kabupaten di DKI Jakarta harus memaparkan hasil pemetaannya di tiap wilayah," ujar Rohana, Selasa (6/11).

Iboy (35), salah satu perwakilan LSM Mutiara Maharani Jakarta Barat mengungkapkan, salah satu data pengguna Injection Drugs User (IDO) di Jakarta Barat saat ini terdata sekitar 1.139 jiwa. "Memang ada penurunan dari tahun lalu sekitar 20 persen, hal itu karena sejumlah user ada yang meninggal dunia dan telah berhenti mengunakan jarum suntik," ungkapnya.

Para penguna, tambah Iboy, tampaknya beralih ke narkoba jenis lain seperti sabu-sabu. "Sabu-sabu jadi peralihan mereka saat ini, disamping sudah menjadi fenomena," tandasnya.

Nantinya, hasil diskusi dan kesepakatan tersebut rencananya akan diajukan kepada Gubernur DKI Jakarta serta instansi terkait lainnya di wilayah DKI Jakarta.

Sumber: http://www.beritajakarta.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7045