Cegah HIV, 845 Juta Kondom Didistribusikan di Afsel
Tanggal: Friday, 09 November 2012
Topik: HIV/AIDS


okezone.com, 09 November 2012

PROGRAM South African Breweries (SAB) sudah berjalan satu tahun. Lebih dari 10 juta kondom ternyata sudah dibagikan ke seluruh Afrika Selatan untuk mengurangi angka penderita HIV.

Program SAB ini diluncurkan setahun lalu sebagai salah satu kerja sama antara pihat swasta dan departemen kesehatan setempat di Afrika Selatan untuk menangani kasus HIV/AIDS dan program kesehatan keluarga. SAB ini membantu program distribusi kondom pada masyarakat melalui bar-bar yang ada di Afrika Selatan.

Tujuan program ini untuk mendsitribusikan kondom pada sekira 16.000 bar lokal selama lima tahun ke depan. Lebih dari 845 juta kondom tersebut akan disebarkan sepanjang lima tahun untuk mencegah infeksi HIV/AIDS yang mencapai angka 1,6 juta kasus, demikian yang dilansir Health24.

Sampai saat ini SAB sudah menyebarkan kondom pada 7.303 bar dan mendistribusikan sekira 10.456.600 kondom pada masyarakat selama satu tahun. Hal ini membantu dalam mencegah 20.914 kasus infeksi HIV/AIDS baru. Setiap bar akan menerima 400 kondom setiap bulan. Dan tingkat infeksi HIV/AIDS saat ini mulai menurun.

“Untuk setiap 500 kondom yang disebarkan, setidaknya ada satu infeksi HIV yang dihindari. Hal ini menunjukkan bahwa kondom sangat efektif dalam melindungi individu terhadap penularan HIV dan infeksi menular seksual,” jelas Stover John, pendiri dan presiden Future Institue.

Hepsy Mkhungho, kepala pengembangan usaha dan kemitraan masyarakat menambahkan, “Tantangan yang dihadapi masyarakat dapat ditangani dengan baik melalui upaya gabungan antara individu dan kelompok. Bekerja dengan organisasi pemerintah dan ahli HIV/AIDS juga menjadi harapan kami untuk memerangi pandemi HIV/AIDS yang berdampak buruk pada masyarakat dan pembangunan ekonomi.” (tty)





[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7053