Kasus AIDS di Banjarmasin Meningkat Tiga Kali Lipat
Tanggal: Friday, 16 November 2012
Topik: Narkoba


Berita Satu, 14 November 2012

Dari 33 kasus AIDS di Banjarmasin pada 2011, tapi pada Juni 2012 meningkat hingga 107 kasus
.

Kasus penularan penyakit AIDS di wilayah Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meningkat tiga kali lipat, sehingga sangat merisaukan banyak pihak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, drg Diah R Praswasti, menyebutkan, pada tahun 2011, kasus AIDS hanya 33 kasus. Namun pada Juni 2012 sudah meningkat hingga 107 kasus.

"Padahal dari seorang yang tertular AIDS masih ada seratus orang yang tertular yang tidak diketahui," katanya, di Kota Banjarmasin, Selasa (13/11).

Dengan jumlah 107 kasus AIDS di Banjarmasin menempatkan penularan penyakit yang sangat menakutkan tersebut menduduki peringkat teratas dibandingkan 13 kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Kalsel.

Tak hanya itu, untuk kasus HIV, lanjut Diah, juga mengalami peningkatan dari 52 kasus tahun 2011 menjadi 57 kasus pada Juni 2012. Menduduki urutan kedua kasus HIV setelah Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia menambahkan, saat ini Dinkes bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) setempat dan instansi lainnya telah melakukan berbagai kegiatan menangkal kian merebaknya penyakit tersebut.

Salah satunya adalah dibentuknya klinik Infeksi Menular Seksual(IMS) di Puskesmas Pekauman Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7069