Penderita HIV/AIDS Meningkat
Tanggal: Monday, 19 November 2012
Topik: HIV/AIDS


Kaltim Post, 16 November 2012

SENDAWAR
- Penyakit HIV/AIDS masih terus bertambah di Kubar. Merujuk data Dinas Kesehatan (Diskes) Kubar, hingga kini sudah tercatat 41 orang pengidap, hasil akumulasi dari 2007. Kepala Diskes Kubar Zulkarnain mengatakan, dari 41 jumlah penderita tersebut, tersebar di beberapa lokalisasi di Kubar.

“Secara spesifik lokalisasi mana, tidak bisa dipublikasikan. Yang pasti, tersebar di sejumlah lokalisasi di Kubar,” katanya Kamis (15/11) kemarin. Dia mengakui, jumlah lokalisasi di Kubar terus menjamur di beberapa kecamatan. Menurutnya, cukup sulit mengantisipasi meluasnya HIV/AIDS. Karena kata dia, tidak mungkin memastikan warga tak datang ke lokalisasi.

Upaya yang dilakukan Pemkab melalui Diskes Kubar, dengan melakukan penyuluhan. Sasarannya para remaja dan kelompok berisiko lainnya sesuai target MDG's (Millennium Development Goals). Kemudian, memfasilitasi pemeriksaan dan konseling untuk para terduga pengidap melalui sarana klinik Voluntary and Counseling Testing (VCT).

“Untuk klinik VCT, kami sudah latih tenaganya dari dokter dan perawat di RSUD Harapan Insan Sendawar (HIS). Dalam waktu dekat akan kami koordinasikan dengan RSUD HIS, tentang operasional Klinik VCT ini,” kata dia. Upaya lain, perlu juga pembinaan melibatkan para pihak, seperti Dinas Sosial Kubar, Kementerian Agama Kubar, dan lainnya. Tujuannya, agar penyebaran HIV/AIDS tidak semakin meluas. (rud/che/k3)

Sumber: http://www.kaltimpost.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7076