KPA Sragen Intensifkan Sosialisasi HIV AIDS
Tanggal: Monday, 19 November 2012
Topik: HIV/AIDS


Solo Pos, 18 November 2012

SRAGEN - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sragen semakin mengintensifkan sosialisasi HIV/AIDS kepada masyarakat.

Hal itu menyusul tingginya jumlah orang dengan HIV/AIDS (odha) di Sragen. Data pada September 2012 menyebutkan, jumlah odha di Sragen sebanyak 89 orang atau meningkat 370% dibandingkan jumlah odha tahun 2011 yang hanya 24 orang.

Ketua Tim Teknis KPA Sragen, Wharyono, mengungkapkan sosialisasi terutama dilakukan kepada mereka yang tinggal di daerah risiko tinggi (risti) tertular HIV/AIDS, sekolah, masyarakat dan komunitas tertentu.

Harapannya masyarakat semakin paham tentang HIV/AID sehingga lebih berhati-hati menjaga diri, agar tidak tertular penyakit itu.

“Jumlah odha di Sragen cukup signifikan. Jadi perlu ada tindakan pencegahan agar penularannya tidak semakin meningkat,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, akhir pekan kemarin.

Menurutnya saat ini masih cukup banyak masyarakat yang belum memahami penyakit HIV/AIDS. Terbukti ketika ada penderita HIV/AIDS, akan dikucilkan warga sekitarnya. Padahal sebenarnya, yang dihindari bukan penderita HIV/AIDS, tapi penyakitnya. Oleh karena itu, perlu ada upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat secara komprehensif.

Wharyono juga mengatakan memperingati Hari AIDS sedunia pada 1 Desember, KPA Sragen akan menggelar serangkaian acara.

Sumber: http://www.solopos.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7078