224 Ibu Hamil di Buleleng Terinfeksi HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 19 November 2012
Topik: HIV/AIDS


Bali Post, 19 November 2012

Singaraja - Angka kematian ibu hamil akibat terinfeksi HIV/AIDS di Buleleng ternyata cukup mengkhawatirkan. Bahkan, Buleleng menduduki peringkat nomor dua di Bali setelah Denpasar dengan jumlah kematian ibu hamil sebanyak 224 orang. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra di sela-sela bakti sosial (Baksos) Alumni SMAN 1 Denpasar angkatan 1975 dan 1982 di lapangan Desa Tamblang, Minggu (18/11) kemarin.

Lebih jauh Wakil Bupati Sutjidra mengatakan, angka kematian ibu hamil akibat terinfeksi HIV/ AIDS terbanyak terdapat di Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Banjar. Angka penderita tersebut dinilai cukup mengkhawatirkan. Untuk itu, pemerintah daerah melalui Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Buleleng mengajak warga masyarakat dan LSM yang peduli untuk bersama-sama melakukan pencegahan penularan virus mematikan tersebut.

Selain ibu hamil, ibu rumah tangga (IRT) juga menjadi penderita HIV/AIDS dan jumlahnya juga tergolong banyak. "Memang ini sangat mengkhawatirkan dan kasus ibu hamil yang meninggal akibat HIV/AIDS nomor dua di Bali setelah Denpasar," katanya.

Di sisi lain, Wakil Bupati Sutjidra mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan ke desa-desa tetap diefektifkan. Selain itu, pelayanan kesehatan di puskesmas juga akan digalakkan. Pola pelayanan kesehatan seperti ini diyakini dapat memberikan pelayanan kesehatan termasuk pemberian obat-obatan kepada masyarakat.

Selain itu, pelayanan kesehatan keliling ini juga bisa mencegah dan mendeteksi penularan virus HIV/AIDS. "Sesuai visi dan misi kita, program pelayanan kesehatan keliling ini akan terus digenjot bekerja sama dengan pihak LSM dan elemen masyarakat lain," jelasnya. (kmb)

Sumber: http://www.balipost.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7080