Pansus Penanggulangan HIV/AIDS Kunjungi Argorejo
Tanggal: Tuesday, 20 November 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 19 November 2012

SEMARANG - Tim Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penanggulangan HIV/AIDS DPRD Kota Semarang, dalam upaya menyusun konsep Raperda menyambangi dua lokalisasi yang ada di Semarang. Yakni Kompleks Lokalisasi Argorejo (Sunan Kuning) di Kalibanteng Kulon dan Gambilangu di Kelurahan Mangkang Kulon Kota Semarang.

Kunjungan ini dipimpin langsung ketua pansus Muhammad Afif, bersama segenap anggota pansus dan petugas sekretariat dewan. Ketua Tim Pansus Raperda Penanggulangan HIV/AIDS, Muhammad Afif mengatakan, kunjungan dimaksudkan untuk menyerap aspirasi. Utamanya aspirasi dari PSK yang menghuni kompleks lokalisasi.

"Ini langkah kami untuk mengetahui langsung permasalahan penularan HIV/AIDS. Yakni dengan mendengarkan aspirasi dari warga binaan di lokalisasi Sunan Kuning dan Gambilangu," kata Afif.

Anggota DPRD dari Fraksi PKS itu mengatakan, penanggulangan HIV/AIDS merupakan hal penting. Sebab virus tersebut hingga kini belum ada obatnya. Selain itu, jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Semarang terus melonjak. Di Jateng, Kota Semarang menduduki peringkat pertama. Dengan jumlah kasus penderita HIV/AIDS 81 penderita di tahun 2007 dan 96 penderita di tahun 2008.

"Sedangkan tahun 2009 ada 115 kasus. Tahun berikutnya menjadi 176 kasus pada 2010, dan 2011 mencapai 235 kasus. Bahkan hingga semester pertama 2012, tercatat ada 284 kasus. Di luar itu, diperkirakan masih banyak penderita yang tertutup dan enggan memeriksakan diri. Cepat atau lambat, penyebaran HIV/AIDS akan menjadi masalah. Karena itu sifatnya mendesak untuk ditanggulangi," tandasnya.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7082