Kasus HIV AIDS di Afrika Menurun
Tanggal: Thursday, 22 November 2012
Topik: HIV/AIDS


okehealth, 21 November 2012

UNAIDS melaporkan adanya penurunan jumlah kematian yang disebabkan HIV AIDS di Afrika. Jumlah kematian antara tahun 2005 hingga 2011 yang mencapai 18 juta jiwa kini menjadi 1,2 juta jiwa.

Menjelang hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember mendatang, laporan yang diterima terkait pandemi HIV AIDS di Afrika mengalami kemajuan. Adanya penurunan sekira 25 persen selama 10 tahun terakhir.

Meskipun demikian, para ahli masih tetap berpusat pada jumlah infeksi baru yang harus segera ditangani. Di Afrika sendiri ada sekira 23,5 juta orang yang hidup dengan HIV atau sekira 63 persen dari total global, demikian yang dilansir Telegraph.

Keadaan yang cukup mengkhawatirkan adalah saat ini ada sekira 58 persen wanita di Afrika yang mengidap HIV dan secara keseluruhan, ada 92 persen wanita hamil di seluruh dunia yang hidup dengan virus HIV ada di daerah tersebut.

Anak-anak yang mengidap penyakit tersebut juga hampir 90 persen berasal dari Afrika. Namun, ada 11 negara di Afrika yang mengalami penurunan kasus HIV pada anak-anak dan empat negara yaitu Angola, Kongo, Equatorial Guinea, dan Guinea-Bissau yang justru mengalami kenaikan kasus.

UNAIDS yang menjadi ujung tombak perang internasional melawan Aids mengatakan bahwa negara berpenghasilan rendah dan menengah di wilayah ini telah meningkat investasi mereka dalam pencegahan HIV sebesar 15 persen dari 2010 hingga 2011.

Di 21 negara di Afrika, sumber dana terbesar sekira 50 persen berasal dari dana investasi, sementara negara termasuk Botswana dan Afrika Selatan, mereka menyediakan 75 persen dana dari bujet negara. (ina)

Sumber: http://health.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7092