Pengetahuan HIV/AIDS Masuk Kurikulum SD di Jayapura
Tanggal: Thursday, 22 November 2012
Topik: HIV/AIDS


Berita Satu, 22 November 2012

Tingginya populasi penderita HIV/AIDS di Jayapura menjadi penyebabnya.

Pendidikan tentang bahaya penyakit mematikan akibat Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) akan masuk kurikulum pengajaran pada muatan lokal jenjang sekolah SD di Kota Jayapura, Papua.

"Sebagian sekolah sudah menerapkan pendidikan tentang bahaya HIV-AIDS kepada murid dalam muatan lokal, selanjutnya akan masuk pada kurikulum pengajaran tahun ajaran baru 2013 untuk Kelas V sampai XII," kata kepala Disdik Kota Jayapura, Robert J Betaubun, di Jayapura, Kamis (22/11).

Saat ini pendidikan tentang bahaya HIV/AIDS itu sangat diperlukan pelajar khsusnya remaja sebagai pengetahuan penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia tersebut.

Hingga Juli 2012, jumlah penderita penyakit yang menyerang kekebalan tubuh tersebut di ibukota Papua sudah mencapai 2.838 orang. Jayapura memiliki penderita HIV/AIDS terbanyak kedua setelah Kabupaten Timika.

Lebih lanjut Robert menjelaskan, mengenai materi pelajaran, pihaknya sudah menyusun, namun untuk penyebaran tiap jenjang kelas masih akan disempurnakan.

"Saat ini di Kota Jayapura telah memiliki 75 guru yang siap mengajar pendidikan pengetahuan HIV/AIDS, dengan harapan kedepan keseluruhan guru tersebut dapat mengajarkan pengetahuannya kepada guru-guru yang lain atau langsung kepada murid," ujarnya.

Tujuan pendidikan itu, kata Robert, adalah untuk meningkatkan persentase remaja yang mempunyai pengetahuan komprehensif tentang HIV/AIDS, sehingga dapat menekan angka penularan penyakit tersebut.

"Kami juga berharap dengan adanya pendidikan itu disekolah, stigma dan diskriminasi terhadap ODHA karena ketidaktahuan dan ketidakpedulian dapat diatasi dengan meningkatkan pengetahuan remaja tentang penularan penyakit tersebut," ujar Robert.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7094