Medan diancam penyakit HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 28 November 2012
Topik: HIV/AIDS


Waspada Online, 23 November 2012

MEDAN – Kepala Seksi Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Medan, Poucut mengatakan kasus HIV/AIDS di kota Medan terus mengalami kenaikan dari tahun ketahun. Meningkatnya kasus HIV/AIDS disebabkan hubungan heteroseksual.

“Pada tahun 2008, kasus HIV/AIDS di Kota Medan berjumlah 296, pada tahun 2009 meningkat menjadi 340 kasus, tahun 2010 menjadi 540 kasus, di tahun 2011 sebanyak 583 kasus dan pada tahun 2012 hingga Oktober mencapai 600 kasus,” kata Poucut, di Medan, hari ini.

Disebutkan, ancaman kasus HIV/AIDS di Kota Medan memang sangat tinggi dikarenakan Kota Medan di kelilingi negara efidemi, mobilitas tinggi, faktor risiko dan industri seks, penggunaan kondom yang sangat rendah. “Ini merupakan penyebab utama angka kasus HIV/AIDS masih tinggi di Medan," tambahnya.

Untuk mencegah kasus HIV/AIDS di Kota Medan, Dinkes Kota Medan telah melakukan berbagai cara. Diantaranya, melakukan pencegahan melalui transmisi seks, peningkatan penyediaan darah yang aman untuk transfusi, pencegahan penularan dari ibu ke anak.

Selanjutnya, juga dilakukan pencegahan penularan pada pemulasaran jenazah, peningkatan kualitas hidup ODHA, penghapusan stigma dan diskriminasi pada ODHA dan pencegahan penggunaan narkoba suntik.

"Dengan cara-cara ini kita yakin akan bisa menekan angka kasus HIV/AIDS di Kota Medan. Kita juga terus menerus melakukan sosialisasi ke masyarakat akan bahaya dan penularan HIV/AIDS," tukasnya.

Sumber: http://www.waspada.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7099