Perda AIDS di Temanggung Atur Tiga Kategori
Tanggal: Wednesday, 28 November 2012
Topik: Narkoba


Suaramerdeka.com, 28 November 2012

TEMANGGUNG - Perda kabupaten tentang Penanggulangan HIV/AIDS yang disahkan oleh DPRD Kabupaten Temanggung akhir September lalu setidaknya mengatur tiga kategori upaya penanggulangan penyakit tersebut. Adanya Perda itu juga menjadi payung hukum dalam menentukan dan melaksanakan kebijakan-kebijakan penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Temanggung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Suparjo, di kantornya, Rabu (28/11) mengungkapkan, tiga kategori upaya penanggulangan HIV/AIDS yang tercakup dalam Perda tersebut, antara lain meliputi upaya promotif, preventif dan kuratif.

Upaya promotif, berupa usaha peningkatan kesehatan agar tidak tertular virus HIV, seperti dengan pemberian sosialisasi hidup sehat dan tentang bahaya HIV/AIDS. Kemudian, upaya preventif atau pencegahan, seperti anjuran menggunakan kondom bagi mereka yang berhubungan seks dengan orang berisiko HIV/AIDS.

"Contoh upaya preventif lainya ialah, kewajiban melakukan kehati-hatian universal kepada tenaga kesehatan yang menangani pasien HIV/AIDS. Misalnya, harus dalam kondisi steril ketika memeriksa, kemudian memusnahkan sampah dan peralatan yang berpotensi menularkan virus tersebut setelah pemeriksaan," katanya.

Adapun upaya kuratif yang diatur dalam Perda itu, antara lain, seperti keharusan Pemkab memberikan obat ARV (anti-retrovital) secara gratis kepada penderita HIV/AIDS guna meningkatkan kekebalan tubuhnya. Selain itu, juga memberikan bantuan makanan bergizi, untuk menunjang kesehatannya.

"Dalam Perda itu juga terdapat larangan melakukan diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS, ketika mendaftar sekolah, melamar bekerja, ketika bekerja, atau menikah. Kemudian, semua instansi Pemkab, juga harus memperogramkan kegiatan dalam rangka menunjang penanggulangan HIV/AIDS sesuai bidangnya," tuturnya.

Dikatakannya, ketentuan Perda itu selanjutnya dijabarkan secara teknis dalam Perbup, dan SK Kepala Dinas Kesehatan. Saat ini, sebagaian ketentuan Perda itu telah dilaksanakan, dan lainya pada 2013 mendatang, karena pembiayaannya dari sumber APBD 2013.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7118