Ribuan Ibu Hamil Idap AIDS
Tanggal: Thursday, 29 November 2012
Topik: Narkoba


Suaramerdeka.com, 29 November 2012

PONTIANAK - Memperingati HAS 1 Desember mendatang, Panitia Peringatan Hari AIDS Se-dunia tahun 2012 Kota Pontianak mengajak semua pihak berperan aktif dalam meningkatkan perlindungan bagi perempuan. Mengusung tema "Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS", diharapkan kasus penyebaran AIDS ke depan dapat ditekan.

Pada tahun 2011 yang lalu, tercatat 8.170 ibu hamil positif mengidap HIV di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sekretaris Panitia Hari AIDS Sedunia (HAS) 2012, Ishak Pratama, mengatakan situasi ini menempatkan anak pada posisi rentan terhadap HIV/AIDS dari orang tuanya dalam proses persalinan, menyusui, dan melalui media lain seperti transfusi darah. Karena itu, pihaknya mensosialisaikan program penguatan hak-hak reproduksi dan penguatan posisi tawar perempuan.

Ishak menegaskan, semua orang berhak mendapatkan informasi dan pelayanan yang mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan dan organ reproduksinya. Dan kaum hawa diharapkan sadar serta mengerti benar akan hak-hak reproduksinya.

"Kampanye bertemakan perempuan telah diangkat pada tahun 1990, kemudian tahun 2004. Dua puluh tahun kemudian tema tersebut kembali diangkat dengan pertimbangan perempuan yang dilahirkan pada tahun 1990 telah mencapai kematangan seksualnya di tahun 2012," kata dia.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7125