Pengidap HIV/AIDS di Jember Naik 50 Persen
Tanggal: Saturday, 01 December 2012
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 30 November 2012

JEMBER - Jumlah orang dengan HIV-AIDS (ODHA) yang memeriksakan diri di klinik konsultasi dan pemeriksaan HIV-AIDS RSD dr Soebandi Jember tahun ini naik sekitar 50 persen dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data di RSD dr Soebandi Jember, mulai Januari hingga 25 November 2012 ini jumlah ODHA mencapai 190 orang.

Koordinator klinik konsultasi HIV-AIDS RSD dr Soebandi Jember, dr Justina Evy Tyaswati membenarkan adanya kenaikan jumlah ODHA dibandingkan tahun lalu.

"Ya sekitar 50 persen. Tahun ini, setiap bulan kami mendapatkan lebih dari 10 ODHA, padahal tahun lalu per bulannya hanya sekitar 5 orang," ujar Evy, Jumat (30/11).

Dari jumlah 190 ODHA itu, sembilan orang meninggal dunia. Evy menambahkan, mereka yang diketahui positif terkena HIV-AIDS didominasi oleh pelanggan wanita pekerja seksual (WPS) sebanyak 64 orang, diikuti oleh ibu rumah tangga sebanyak 49 orang, 28 orang dari kalangan WPS, Lelaki suka lelaki 10 orang, bayi (perinatal) enam orang dan pengguna narkotika jarum suntik (IDU) sebanyak lima orang.

Yang mencengangkan jumlah ODHA dari ibu rumah tangga yang urutannya terbanyak kedua setelah pelanggan WPS. "Ternyata ibu rumah tangga yang bekerja di rumah rentan terkena HIV-AIDS. Mereka tertular dari pasangan mereka," ujar Evy.

Karena itu tidak aneh, ODHA yang ditangani RSD dr Soebandi lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki.

"Dengan jumlah yang terus naik, semua pihak harus terbuka dan harus peduli bahwa HIV ini mengincar terutama yang beresiko tinggi. Apalagi besok tanggal 1 Desember itu hari HIV-AIDS se-dunia, kita harus peduli," tegas Evy.

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7132