M Djamil Rawat 9 Pasien HIV-AIDS
Tanggal: Monday, 03 December 2012
Topik: HIV/AIDS


METRO, 30 November 2012

PADANG - RSUP M Djamil Padang dari Agustus hingga November 2012 ini, merawat 9 orang pasien penderita HIV-AIDS. Enam orang di antaranya berstatus rawat jalan dan tiga orang rawat inap. Rata-rata para pasien HIV-AIDS tersebut berasal dari berbagai daerah di Sumbar seperti Padang, Buktittinggi dan Pariaman.

Kepala Instalasi Humas dan Pengaduan Masyarakat RSUP M Djamil Padang, Rita Prima Putri mengatakan, dari jumlah itu tidak tertutup kemungkinan hingga akhir tahun ini, masih akan ada penambahan kasus. Pasien HIV-AIDS yang berobat ke M Djamil, berada di kelompok umur produktif yakni kisaran usia 20 hingga 29 tahun.

Penyebab penularan HIV-AIDS yang terdata di M Djamil kebanyakan disebabkan penggunaan narkoba via jarum suntik. Sementara, obat yang digunakan untuk pasien adalah anti-retrovirus (ARV) yang berfungsi untuk mengurangi tingkat kematian dan parahnya infeksi HIV menjadi AIDS.

Dikatakan Rita, M Djamil sudah melakukan pengobatan dan pencegahan pada para penderita HIV-AIDS sejak 2003 silam. Hingga November 2012 ini total penderita HIV-AIDS yang dirujuk mencapai 786 orang yang terdiri dari 607 orang laki-laki dan 179 orang perempuan. ”Tercatat, 110 orang telah meninggal dunia,” jelas Rita.

Sementara, Dinas Kesehatan Sumbar mencatat jumlah komulatif kasus HIV-AIDS di Sumbar sejak ditemukan 1992 lalu hingga Juni 2012 sebanyak 814 kasus. Dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar kasus HIV-AIDS didominasi oleh kelompok umur 20-29 tahun dengan penularannya melalui jarum suntik.

Untuk distribusi kasus HIV-AIDS tertinggi berdasarkan wilayah, Kota Padang masih menempati urutan pertama. “Penyakit ini disosialisasikan melalui media massa, organisasi masyarakat, dunia usaha, lembaga pendidikan dan LSM yang bergerak di bidang kesehatan secara periodik,” ucap Rosnini Savitri, Jumat (30/11).

Selain itu, Dinkes Sumbar juga memberikan informasi kepada kelompok risiko tinggi, bagaimana pola penyebaran virus HIV, sehingga masyarakat bisa mengetahui langkah-langkah pencegahannya. (g)

Sumber: http://posmetropadang.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7152