Kemenkes Upayakan Pengendalian HIV
Tanggal: Monday, 03 December 2012
Topik: HIV/AIDS


okezone, 30 November 2012

UNTUK mencapai masyarakat yang sehat dan menekan jumlah kasus HIV, Kementerian Kesehatan banyak melakukan program yang diharapkan dapat menurunkan kasus infeksi HIV. Salah satunya lewat peringatan hari AIDS sedunia yang jatuh setiap 1 Desember.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat ini tengah berupaya untuk menanggulangi kasus HIV/AIDS di Indonesia. Pengendalian HIV/AIDS ini bertujuan menurunkan jumlah kasus baru HIV, menurunkan angka HIV, serta menurunkan stigma dan diskriminasi.

“Kita akan mulai dari pengendalian populasi kunci, yaitu kelompok yang berisiko terkena infeksi, populasi jembatan, yaitu orang-orang yang berhubungan seksual dengan banyak pasangan, serta mencegah penularan pada masyarakat umum dan bayi,” jelas Menteri Kesehatan Dr. Nafsiah Mboi, SpA, M.P.H, dalam temu media di kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, Jumat (30/11/2012).

Lebih jauh lagi, Kemenkes memfokuskan pencegahan infeksi HIV pada ibu dan bayi karena kasus penularan HIV dari ibu pada bayinya mencapai 3,6 persen. Kerentanan wanita tidak berisiko seperti ibu rumah tangga ini disebabkan oleh ketimpangan gender, yang menyebabkan wanita tidak mampu mengontrol perilaku seksual pada suami atau pasangan tetapnya.

“Untuk itu, semua pihak perlu saling bahu-membahu dalam melakukan kontrol terhadap penyebaran infeksi ini,” tambahnya. (ina)

Sumber: http://health.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7155