Menkes: Kasus HIV Naik, TB Juga Akan Ikut Naik
Tanggal: Monday, 03 December 2012
Topik: HIV/AIDS


Berita Satu, 30 November 2012

ODHA berisiko 30 kali lipat lebih besar untuk terkena TB aktif yang bisa membahayakan nyawanya.

Jika penyebaran epidemi HIV/AIDS di Indonesia tidak ditekan, maka pengendalian penyakit Tuberkulosis (TB) yang hampir mencapai target Millennium Development Goal juga akan mengalami kemunduran signifikan.

"Kalau AIDS tidak bisa dikendalikan, maka kasus TB juga pasti akan naik," kata Menteri Kesehatan (Menkes), Nafsiah Mboi, di Jakarta, Jumat (30/11)

Indonesia sudah berhasil mencapai beberapa target MDG di bidang Tuberculosis seperti penemuan kasus yang sudah mencapai 70 persen dan penurunan angka kematian menjadi setengahnya dibanding tahun 1990.

Namun, menurut Nafsiah, banyaknya kasus HIV yang tersembunyi bisa menjadi hambatan dalam pengendalian TB. Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) berisiko 30 kali lipat lebih besar untuk terkena TB aktif yang bisa membahayakan nyawanya.

TB sudah diketahui sebagai infeksi oportunistik yang paling lazim ditemui pada pasien HIV/AIDS. Banyak sekali pasien HIV yang justru meninggal karena TB dan bukan karena AIDS. "Memang kasus HIV di Indonesia itu seperti fenomena gunung es, masih banyak yang belum terdiagnosa," ujar Menkes.

Lebih jauh, Nafsiah mengatakan pemerintah berusaha untuk mengontrol kedua penyakit tersebut secara bersamaan dengan pemeriksaan silang kedua penyakit.

"Provinsi, dan Kabupaten/Kota kita desak betul, kalau ada pasien TB yang penyembuhannya lama kita tawarkan tes HIV, begitu juga dengan yang menderita MDR (Multi-Drugs Resistence) TB, kita akan selalu curigai sebagai HIV dan kita tawarkan tes," papar dia.

World Health Organization (WHO) memerkirakan di tahun 2011 ada 450.000 kasus TB baru di Indonesia, ribuan di antaranya mengalami ko-infeksi dengan HIV yang membuat penyembuhan masing-masing penyakit menjadi semakin sulit dan lama.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7159