Seribuan Warga di Jayapura Jalan Santai Hari HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 03 December 2012
Topik: HIV/AIDS


Metrotvnews.com, 01 Desember 2012

Jayapura: Seribuan warga Kota Jayapura, Papua, dan sekitarnya ambil bagian pada olah raga jalan santai memperingati Hari HIV/AIDS se-Dunia yang diperingati setiap 1 Desember.

Pelaksana tugas Sekda Provinsi Papua Elly Loupatty, Sabtu (1/12), dalam sambutannya mengatakan kegiatan jalan santai dilakukan untuk memperingati hari HIV/AIDS se-Dunia, Hari Ibu dan Anak.

"Kegiatan ini untuk peringati HIV/AIDS di Papua, dan ibu dan anak. Dan mari kita semua lindungi diri dari HIV/AIDS terutama ibu dan anak dari kekerasan," katanya.

Pantauan di Jayapura, pria, wanita, orang muda dan tua termasuk anak-anakdi Kota Jayapura dan sekitarnya, termasuk perwakilan dari sejumlah instansi terkait seperti TNI/POLRI, ikut meramaikan jalan santai yang memperebutkan sejumlah hadiah dan "door price".

Dalam jalan santai itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI C. Zebua didaulat memegang bendera start, sedangkan Plt Sekda Papua ELia Laupatty bergabung bersama sejumlah peserta lainya.

Jalan santai yang merupakan hajatan KPA Papua itu dimulai sekitar pukul 06.00 WITA dan dengan start di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua menuju Ruko Pasifik Permain, masuk jalan Sam Ratulangi depan Polda Papua, kearah Taman Imbi, Kemudian memutar di jalan Irian dan kembali ke jalan Sam Ratulangi, lewat Dok V Atas, depan PU Papua dan finis di halaman kantor Gubernur.

Informasi yang dihimpun di lapangan, selain jalan santai, ada juga acara hiburan musik, pembacaan puisi, pembagian hadiah bagi pemenang lomba, dan pembagian ratusan door price. "Kami senang bisa ikut jalan santai, selain sehat juga bisa bersama-sama keluarga untuk menikmati udara pagi," kata Abdulah Lestaluhu salah seroang peserta jalan santai.

Hari AIDS se-Dunia (HAS) 2012 di Papua diberi tema: "Stop AIDS melalui Kesetaraan Gender untuk Menghapus Segala Bentuk Stigma dan Diskriminasi". Data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Papua per 30 September 2012 melalui KPA setempat, sebanyak 13 ribu lebih warga yang ada di provinsi paling timur itu telah terjangkit HIV/AIDS.(Ant/RZY)

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7163