KASUS HIV/AIDS Program Kondomisasi Tidak Bisa Diterapkan
Tanggal: Monday, 03 December 2012
Topik: HIV/AIDS


Suara Karya, 01 Desember 2012

JAKARTA: Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi mengakui, penanganan kasus HIV/AIDS di Indonesia masih jalan di tempat. Program kondomisasi bagi pria berisiko yang terbukti efektif dalam menekan kasus HIV/AIDS di sejumlah negara, hal itu tak bisa diterapkan di Indonesia. Padahal kasus HIV/AIDS terus bertumbuh di Tanah Air.

"Jangankan menerapkan kebijakan kondomisasi bagi pria-pria yang suka 'jajan', baru bicara soal kondomisasi saja langsung menimbulkan kontra di masyarakat. Hal itu dianggap salah," kata Nafsiah kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (30/11), terkait dengan peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) yang jatuh setiap 1 Desember.

Nafsiah menjelaskan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) beberapa tahun lalu menetapkan empat negara-Indonesia, Thailand, India, dan Nepal-sebagai negara dengan penderita HIV/AIDS terbanyak di Asia. Namun, berkat kebijakan kondomisasi bagi pria yang suka "jajan" secara ketat di Thailand, Nepal, dan India, kasus HIV/AIDS di tiga negara itu langsung turun.

"Sementara di Indonesia, baru saja saya lempar wacana soal kondomisasi, langsung ramai. Kalau boleh jujur, kondisi seperti ini sebenarnya tidak fair. Mereka yang 'enak-enak' berbuat, ketika sakit ribut minta pengobatan dari pemerintah. Kalau nggak mau diatur, seharusnya tanggung sendiri penyakitnya," tutur Menkes.

Nafsiah menyebut kasus HIV di Indonesia hingga September 2012 tercatat ada 15.372 kasus. Jumlah itu tersebar di 33 provinsi. Jumlah tertinggi ada di DKI Jakarta (21.775 kasus), Jawa Timur (11.994), Papua (9.447), Jawa Barat (6.640), dan Sumatera Utara (5.935).

Sedangkan kasus AIDS, Nafsiah menyebut jumlahnya secara kumulatif hingga 2012 ada 39.434 kasus.

"Provinsi kasus AIDS tertinggi adalah Papua, Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Riau, dan Sumatera Barat," ucap Nafsiah memaparkan. (Tri Wahyuni)

Sumber: http://www.suarakarya-online.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7171