Linda: Suami ''Nakal'' Tularkan HIV/AIDS ke Istri
Tanggal: Monday, 03 December 2012
Topik: HIV/AIDS


Suara Karya, 01 Desember 2012

JAKARTA: Ibu rumah tangga rentan tertular HIV/AIDS dari pasangan tetap atau suami yang "nakal", yakni berperilaku seksual berisiko tinggi di luar rumah.

Situasi itu menempatkan anak pada posisi rentan pula terhadap HIV/AIDS dari orangtuanya yang mengidap HIV/AIDS dalam proses persalinan, menyusui, dan melalui media lainnya seperti transfusi darah.

Keprihatinan itu disuarakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar ketika menyampaikan arahan pada acara kampanye HIV/AIDS dalam rangka Hari AIDS Sedunia 2012 di Jakarta, Jumat.

"Ini sangat memprihatinkan di mana ibu rumah tangga tertular HIV/AIDS karena suaminya berperilaku seksual berisiko tinggi di luar rumah," kata Linda.

Oleh sebab itu, menurut dia, pada saat ini beberapa program ditujukan khususnya untuk menyasar pada penguatan hak-hak reproduksi dan penguatan posisi tawar perempuan.

"Perempuan berhak mendapatkan informasi dan pelayanan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan dan organ reproduksi, Perempuan diharapkan sadar serta mengerti akan hak reproduksinya," katanya.

Linda menambahkan, strategi yang dilakukan dalam pelaksanaan kampanye HIV/AIDS sedunia tahun 2012 baik di tingkat nasional maupun daerah ialah mengenai bagaimana mencegah infeksi baru, meningkatkan akses pengobatan, dan mengurangi dampak dari penyakit tersebut. (Dwi Putro AA)

Sumber: http://www.suarakarya-online.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7172