Pria 4M Penyebab Penularan HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 03 December 2012
Topik: HIV/AIDS


Liputan6.com, 01 Desember 2012

Jakarta : Angka penderita HIV/AIDS di Indonesia masih tinggi. Penyebab terbesarnya dari hubungan seksual berisiko dan kaum pria lah yang sering dituding menjadi penyebab penularan virus mematikan ini. Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, menyebut pria yang senang menggauli banyak wanita itu sebagai pria 4M.

"Untuk pria yang suka ke tempat pelacuran saya sebut mereka 4M. Mobile, man, money, macho. Macho artinya berapa banyak wanita yang ia gauli dan kalau ia positif tandanya ia menyebarkan penyakit kemana-mana," kata Nafsiah Mboi dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (30/11/2012).

Pria yang suka 'jajan' di tempat pelacuran itu umumnya berhubungan intim tanpa menggunakan kondom. Di Indonesia saja dalam 4 tahun ini penggunaan kondom terus menurun yang ikut andil dalam meningkatnya penderita HIV/AIDS.

"Selama 4 tahun penggunaan kondom menurun dari 29 menjadi 3 persen artinya apa dia bebas-bebas saja untuk terinfeksi dan bebas-bebas menularkannya ke orang lain termasuk ke istrinya," katanya lagi.

Lebih lanjut Nafsiah Mboi berujar, "Pemakaian narkoba suntik menurun, penggunaan kondom pada pekerja seks tak langsung juga menurun, dan penggunaan kondom antara sesama pria juga menurun. Bagaimana mau mengharapkan HIV MDG 6 tercapai kalau penggunaan kondom di Indonesia terus menerus mengalami penurunan?".

Perkembangan HIV-AIDS di Indonesia sejak kasus yang pertama kali muncul di tahun 1987 hingga akhir September 2012 terus berkembang di 33 provinsi yang tersebar di 341 kabupaten/kota dari 594 kabupaten/kota. (ADT/IGW)

Sumber: http://health.liputan6.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7178