Solo Canangkan Zero AIDS di 2015
Tanggal: Monday, 10 December 2012
Topik: Narkoba


Berita Satu, 03 Desember 2012

Data di Komisi Penanggulangan AIDS Kota Solo menyebutkan angka kasus HIV/AIDS di Solo mencapai 855 kasus.

Pemerintah Kota Solo bertekad untuk merealisasikan zero HIV/AIDS pada tahun 2015. Saat ini, Kota Solo tercatat sebagai kota dengan ODHA terbanyak kedua di Jawa Tengah.

Sebagai langkah awal, pada tahun depan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Solo wajib mengikuti tes kesehatan dan urine untuk mengetahui apakah lingkungkan Pemkot steril dari HIV/AIDS dan narkoba.

Menurut Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, narkoba merupakan salah satu mata rantai penularan HIV/AID. Bagi PNS, haram hukumnya mengonsumsi narkoba, dan itu adalah kewajiban pemerintah untuk menangkal.

"Tahun 2015 ditargetkan Solo zero HIV: AIDS. Seluruh PNS dan juga warga Solo harus mencegah perbuatan yang bisa menghantarkannya terkena virus seperti menggunakan narkoba," kata dia.

Data di Komisi Penanggulangan AIDS Kota Solo menyebutkan angka kasus HIV/AIDS di Solo mencapai 855 kasus. Sekitar 23 persen kasus tersebut di antaranya ditemukan pada ibu rumah tangga dan anak-anak. Tingginya ibu rumah tangga yang tertular virus mematikan tersebut, menurut Rudyatmo, karena pola relasi yang tidak seimbang dalam rumah tangga.

"Isteri tidak memiliki kekuatan untuk mengontrol perilaku suaminya. Banyak suami yang karena kebiasaan buruk seperti seks tidak aman atau memakai narkoba tertular virus dan kemudian dibawa ke rumah," kata Koordinator Program Penanganan HIV/AIDS KPA Kota Solo, Tomi Prawoto.

Zero HIV/AIDS di tahun 2015 menurut Tomi bukan pekerjaan mudah karena faktanya trend kasus HIV/AIDS di Solo terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Dia menyebut di tahun 2010 ada 175 kasus, dan bertambah pada tahun berikut menjadi 200 kasus.

Kasus yang ditemukan tersebut diperkirakan hanya sebagian kecil karena tidak semua kelompok beresiko bersedia menjalani tes VCT.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7202