Ibu Rumah Tangga di Maluku Peringkat Kedua Pengidap AIDS
Tanggal: Monday, 10 December 2012
Topik: Narkoba


Berita Satu, 03 Desember 2012

Dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, penularan HIV/AIDS terbanyak terjadi melalui pendekatan pekerjaan.

Kaum Ibu Rumah Tangga (RT) di Maluku menempati pengidap penyakit AIDS peringkat kedua tertinggi dibandingkan daerah lain di Indonesia.

Dari grafik penularan AIDS terlihat sejumlah pekerjaan seperti pekerja wiraswasta ada 133 kasus, ibu rumah tangga sebanyak 102 kasus, dan penjajah seks sebesar 93 kasus.

Ketua Panitia Hari AIDS se-Dunia Provinsi Maluku, Ritha Taihittu, mengakui kasus HIV pertama kali ditemukan di Maluku berasal dari Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) yang terbawa oleh seorang nelayan asing asal Thailand pada tahun 1994. Nelayan asing itu terdeteksi positif penderita HIV/AIDS.

Hasil kunjungan panitia Hari AIDS ke beberapa kabupaten di Maluku misalnya di Buru ada 83 kasus yang ditemukan. Sekitar empat kasus dideteksi sebagai HIV/AIDS.

Di kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dari 44 Kasus yang ditemukan ternyata hanya tiga yang positif dinyatakan sebagai pengidap HIV/AIDS.

Dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, penularan HIV/AIDS terbanyak terjadi melalui pendekatan pekerjaan.

Sementara itu, pada peringatan Hari AIDS Sedunia di Provinsi Maluku yang jatuh pada 1 Desember hari ini, panitia akan melaksanakan klinik mobile di 11 kabupaten di Provinsi Maluku.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana berbahayanya virus HIV/AIDS, serta langkah-langkah pencegahannya,” ujar Ritha di kantornya Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Senin (3/12).

Di tempat yang sama Sekretaris Komisi Penangulangan AIDS Provinsi Maluku, Azis, mengakui hasil kunjungan terakhir Dinas Kesehatan Provinsi Maluku khususnya di Kabupaten Buru menyatakan tahun 2012 dapat digambarkan masalah HIV/AIDS di Maluku hingga bulan Agustus 2012 sebanyak 227 kasus.

Dia memprediksikan akan mengalami peningkatan hingga akhir tahun 2012 dan memasuki tahun 2013 nanti.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7204