Banyak Suami Jajan PSK, Wanita Penderita AIDS Booming di Jabar
Tanggal: Monday, 10 December 2012
Topik: Narkoba


TRIBUNNEWS.COM, 03 Desember 2012

CIANJUR: Memprihatinkan! Dibandingkan dengan Pekerja Seks Komersial (PSK), jumlah Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang berstatus ibu rumah tangga (IRT) di Jawa Barat jauh lebih besar.

"Data yang kami peroleh jumlah IRT yang terkena AIDS yang bersumber dari suami jumlah komulatif 747 kasus sementara pada PSK 464 kasus," kata anggota Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Jabar, Panca Widi M.Kes dalam diskusi di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Senin (3/12/2012).

Umumnya, kalangan ibu rumah tangga itu, baru mengetahui dirinya ODHA setelah anaknya sakit dan hasil pemeriksaan anaknya positif.

"Anak dengan HIV positif diperoleh dari ibunya, sementara ibu diperoleh dari suami yang suka 'jajan' di luar. Kasus anak usia 0-14 tahun sebanyak 263 kasus," tuturnya.

Kondisi ini sebenarnya tidak mengherankan. Secara nasional tercatat 3,1 juta lelaki atau sekitar 2 persen laki-laki dewasa suka 'jajan' ke tempat prostitusi. Sementara 1,6 juta perempuan menikah dengan pria yang terinveksi HIV.

Panca menambahkan, penularan HIV mulai tahun 2007 lebih ke arah heteroseksual artinya dari laki-laki pembeli kepada istri atau pasangan resminya.

"Kalau di era tahun 1987-1997 hubungan seks sejenis yakni laki laki tahun berikutnya sampai 2007 penularan HIV melalui alat suntik." kata Panca.

Panca mengakui Provinsi Jawa Barat yang menduduki posisi ke-4 kasus HIV terbanyak ke-4 masih banyak tantangan mitigasi dampak HIV/AIDS pada anak terutama peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7207