Cegah HIV/AIDS dengan Edukasi Seluruh Masyarakat
Tanggal: Monday, 10 December 2012
Topik: HIV/AIDS


okezone.com, 07 Desember 2012

PEMERINTAH
terus berusaha untuk menanggulangi kasus HIV/AIDS di Indonesia. Salah satunya dengan diadakannya Pekan Kondom Nasional (PKN).

Komisi penanggulangan AIDS nasional (KPAN) terus menggalakan kegiatan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap infeksi HIV/AIDS. Kegiatan ini ditargetkan pada kelompok yang berisiko tinggi untuk terkena HIV/AIDS seperti para pekerja seks. Kaum gay dan waria, juga pada pengguna narkoba jarum suntik.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih peduli tentang pencegahan dan hubungan seks yang aman, sehingga kasus infeksi HIV dapat ditekan. Beberapa kegiatan dari KPAN ini berupa konser yang diberi nama Goyang Sutra, sebuah konser yang bersifat mendidik masyarakat melalui hiburan. Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk mengetahui pentingnya menggunakan kondom sebagai pencegahan HIV/AIDS.

Edukasi kepada masyarakat ini telah dilakukan di 12 kota besar di seluruh Indonesia, khususnya di daerah yang berisiko seperti pangkalan truk, pelabuhan, dan lokalisasi. Beberapa tempat seperti tempat nongkrong dan kampus-kampus di Jakarta pun menjadi target dari KPAN.

Harapan dari PKN 2012 adalah agar masyarakat dapat mengambil manfaat positif dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dan bertanggung jawab atas ‘keselamatan kesehatan’ masing-masing dengan melakukan hubungan seks yang aman. Dengan meningkatkan usaha pencegahan, kita dapat menghentikan laju epidemi HIV di kehidupan masyarakat dan keluarga. (ina) (tty)

Sumber: http://health.okezone.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7228