Jumlah Penderita HIV/AIDS di Sleman Naik Tajam
Tanggal: Thursday, 13 December 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 13 Desember 2012

SLEMAN - Kasus penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Sleman terus meningkat. Saat ini, angkanya mencapai 433 penderita. Tahun ini terdapat 93 kasus; 48 persen di antaranya merupakan HIV positif serta sisanya memasuki periode AIDS. Jumlah itu bertambah dibanding tahun 2011 yang tercatat 33 kasus.

Kepala Badan KB dan PMPP Sleman, Endang Puji Astuti mengemukan resiko penularan HIV sekarang tidak hanya kalangan pekerja seks, dan pengguna narkoba suntik. Ibu rumah tangga dan bayi dalam kandungan, juga riskan tertular melalui transmisi heteroseksual.

"Karena itu, peringatan Hari AIDS tahun ini kami fokuskan pada perempuan dan anak," katanya di kantor, Kamis (13/12).

Sesuai isi komitmen bersama yang ditandatangani Pemkab dan aktivitis, gerakan memerangi HIV/AIDS menjadi prioritas utama. Upaya yang dilakukan antara lain dengan promosi program pencegahan di lingkungan instansi, dan masyarakat. Sasarannya terutama penduduk berusia 15 tahun ke atas, dan kalangan resiko tinggi.

Bupati Sleman, Sri Purnomo meminta kalangan pemerhati HIV semakin merapatkan barisan dan saling bersinergi. Keberadaan satgas anti narkoba di desa-desa, harus diikuti dengan tindakan riil dan cepat. Lewat tindakan konkrit tersebut, upaya menghentikan pertambahan kasus HIV/AIDS dapat lebih efektif.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7260