649 Penderita HIV/AIDS Baru di Jakarta
Tanggal: Friday, 21 December 2012
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 16 Desember 2012

JAKARTA - Jumlah penderita baru HIV/AIDS di Jakarta selama Januari-September 2012 mencapai 649 orang. Data surveilan pasif rumah sakit HIV dan Aids Komisi Penanggulangan Aids DKI Jakarta menunjukkan, 168 penderita di antaranya meninggal dunia.

Data itu menambah 5.650 penderita yang tercatat sejak tahun 1987 hingga 2011.

Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono pada peringatan Hari AIDS Sedunia Tingkat Jakarta Utara di Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Minggu (16/12/2012), mengatakan, masalah yang perlu mendapat perhatian adalah meningkatnya penularan HIV/AIDS melalui pemakaian narkotika, psikotropika, dan zat adiktif melalui suntik serta penderita baru dari kalangan perempuan.

"Upaya membangun kepedulian masyarakat dimulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga, agar penularan bisa dicegah sedini mungkin untuk mencapai komitmen tak ada infeksi baru HIV dan tak ada kematian akibat HIV tahun 2015," ujarnya.

Upaya di masyarakat bisa dimulai dengan meningkatkan pelayanan posyandu dan mengembangkan pusat informasi dan konsultasi. Penyebaran informasi dan konsultasi juga diharapkan meningkatkan kesadaran untuk tak mendiskriminasi penderita dalam kesehariannya di masyarakat.

Sumber
: http://megapolitan.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7264