Kasus HIV/AIDS Meningkat, Jaringan PSK Ibu Muda Gentayangan
Tanggal: Monday, 31 December 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 30 Desember 2012

KLATEN
- Peringkat penderita HIV/AIDS di Kabupaten Klaten tahun 2012 meningkat dari peringkat 20 se-Jawa Tengah menjadi urutan ke 10 dari 35 kabupaten/ kota. Kondisi itu semakin mengkhawatirkan sebab praktik penyebab penyebaran HIV/AIDS terus marak dan menyentuh berbagai kalangan.

"Peringkat yang semula di angka 20 malah naik dan ini sangat memprihatinkan," ungkap Sekjen DPC Granat Klaten, Anton Sanjaya, Minggu (30/12) di sela aksi damai di Jl Pemuda. Aksi diikuti sekitar 30 orang dengan berjalan kaki dan membagikan selebaran serta stiker kewaspadaan pada narkoba dan HIV/ AIDS.

Menurutnya, kondisi itu tidak bisa dibiarkan terus berlarut. Sebab jika tidak ditangani dengan segera oleh semua elemen masyarakat HIV/ AIDS akan menjadi ancaman berbahaya dan mematikan. Data dari komisi penanggulangan HIV/ AIDs (KPA) Jateng itu menunjukkan masyarakat Klaten rentan terhadap HIV. Termasuk faktor penyebabnya baik seks bebas dan penggunaan narkoba.

Bahkan, kata dia, di Klaten berdasarkan investigasi Granat penjualan anak untuk perdagangan seks sudah merebak, seks bebas sudah marak dan seks di kalangan kaum sejenis tambah parah. Yang terakhir, Granat menemukan ada indikasi jaringan ibu-ibu muda yang menjajakan diri melalui fasilitas dunia maya sudah ada. Temuan itu sudah dipelajari sejak beberapa bulan terakhir. Kelompok-kelompok tersebut menjadi kelompok rentan penularan HIV/ AIDs jika tidak segera ditangani bersama seluruh elemen masyarakat.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7286