300 Ibu Pengidap AIDS Lahirkan Bayi Bebas HIV
Tanggal: Monday, 21 January 2013
Topik: HIV/AIDS


Berita Satu, 14 Januari 2013

Setelah mengikuti program pencegahan penularan dari ibu ke anak

Total 300 perempuan pengidap HIV positif berhasil melahirkan bayi yang tidak terinfeksi virus mematikan tersebut di Abuja, Nigeria, selama tahun 2012.

Angela la Smart, pengawas yang bertugas di fasilitas medis pemerintah, Mararaba Medical Center di Abuja, kepada wartawan, Senin (14/1), mengatakan bahwa perempuan-perempuan yang positif mengidap HIV itu bisa melahirkan bayi bebas HIV setelah mengikuti program pencegahan penularan dari ibu ke anak (PMTCT).

Petugas berwenang menjelaskan dalam program pra-kelahiran itu, itu para ibu pengidap HIV didampingi dan diberikan konseling tentang pentingnya mengetahui status HIV mereka, untuk mencegah penularan virus itu ke bayi mereka kelak.

"Kami memberikan mereka konseling, jadi pada akhirnya, setiap perempuan akan mengikuti program perawatan pra-kelahiran karena dia sadar bahwa bayinya tidak akan terinfeksi virus, jika dia mengikuti semua aturan dan syarat yang diberikan padanya," kata Smart seperti dikutip Xinhua.

Meski demikian Smart juga menyampaikan kekecewaannya karena fasilitas itu tidak kunjung mendapatkan peralatan yang memadai serta tenaga kesehatan yang cukup untuk merawat para ibu pengidap HIV.

"Sangat mendesak dan penting bagi pemerintah untuk mempekerjakan lebih banyak tenaga medis, karena sebagian besar rumah sakit pemerintah mengalami kekurangan staf," desak Smart.

Pada tahun 2009 badan pengendalian AIDS Nigeria (NACA) memfokuskan diri pada pencegahan infeksi HIV jenis baru, menekankan pada pencegahan penyebaran virus HIV dari ibu ke anak, yang dilaporkan menjadi salah satu penyebab penyebaran AIDS paling tinggi di negara itu.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7302