Cilegon Berpotensi Penyebaran AIDS
Tanggal: Monday, 28 January 2013
Topik: Narkoba


Pos Kota, 24 Januari 2013

CILEGON – Sebagai daerah pelabuhan, industri perdagangan dan,jasa Kota Cilegon merupakan kota yang potensial dalam penyebaran kasus HIV/AIDS. Sebab Kota Cilegon memiliki mobilitas penduduk yang tinggi serta banyaknya pendatang dari berbagai daerah.

Demikian Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis pada Sosialisasi Layanan Komprehensif HIV/AIDS dan infeksi seksual menular (IMS) berkesinambungan Kota Cilegon tahun 2013, di Aula II Setda.

Lubis mengaku, bahwa Pemerintah Kota Cilegon telah berupaya dalam pengendalian penyakit HIV-AIDS melalui sejumlah kegiatan seperti penyuluhan . Selain itu juga ada pengembangan layanan di Puskesmas dan di RS Swasta, serta peningkatan SDM yaitu pelatihan bagi petugas pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit soal HIV-AIDS

Diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat menurunkan jumlah kasus baru serendah mungkin atau Zero New Infection, menurunkan tingkat diskriminasi serendah mungkin atau Zero Discrimination, menurunkan angka kematian AIDS serendah mungkin atau Zero AIDS Related Deaths, dan meningkatkan kualitas hidup ODHA.

“Total kasus HIV/AIDS di Kota Cilegon sejak tahun 2005 sampai tahun 2012 sebanyak 275 kasus, diantaranya HIV 195 kasus, 80 kasus AIDS, diantaranya 64 meninggal dunia,” terang Lubis.

Sementara itu, Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Retno Windarwati mengatakan, bahwa layanan komprehensif HIV/AIDS yang berkesinambungan perlu ditingkatkan. “ODHA atau orang yang hidup dengan aids, jangan kita kucilkan dan jangan disingkirkan, ini yang akan kita tekankan ditahun 2013,” ujar Retno. (haryono)

Sumber: http://www.poskotanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7324