Sebanyak 1.092 Orang Positif HIV/AIDS di Kalbar
Tanggal: Monday, 28 January 2013
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 25 Januari 2013

PONTIANAK — Dalam rentang waktu dari tahun 2002 hingga 2012, 1.092 warga Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, dan Kabupaten Sambas dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS. Berbagai upaya dilakukan agar tercapai target tak ada penderita baru pada 2015.

Sekretaris Eksekutif Komisi Penanggulanan AIDS Kota Singkawang Mardiana Maya Satrini, Jumat (25/1/2013), menjelaskan, para pengidap HIV/AIDS itu mendapat pemeriksaan di Klinik Mawar, Kota Singkawang. Klinik memang berada di Kota Singkawang yang aksesnya dari Bengkayang dan Sambas tidak terlalu jauh.

Maya menuturkan, dalam Asian Summit di Bali beberapa waktu lalu, Singkawang ditetapkan sebagai salah satu kota yang harus mencapai target tanpa pengidap HIV/AIDS baru pada 2015. "Berbagai upaya dilakukan, antara lain, dengan memperbanyak tempat pemeriksaan infeksi kelamin. Seluruh puskesmas di Kota Singkawang berjumlah lima unit sudah memiliki peralatan pemeriksaan tersebut," ujar Maya.

Penularan HIV/AIDS di Singkawang dan sekitarnya, kata Maya, tak terkait dengan Singkawang sebagai salah satu tujuan wisata di Kalimantan Barat. Penularan, antara lain, dipicu oleh perilaku kelompok risiko.

Sumber: http://regional.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7325