Pesan Olivia Culpo, Wanita Tercantik Sejagat Tahun 2012 Soal HIV-AIDS
Tanggal: Sunday, 03 February 2013
Topik: HIV/AIDS


Detik.com, 03 Februari 2013

Jakarta, Tak cukup hanya cantik, seorang Miss Universe juga harus punya kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Begitu pula Olivia Culpo, wanita tercantik sejagat tahun 2012 turut mengajak kaum muda untuk peduli terhadap ancaman HIV-AIDS.

Wanita kelahiran Rhode Island, Amerika Serikat 21 tahun silam ini menilai kaum muda perlu ambil peran dalam pencegahan HIV (Human Imunodeficiency Virus). Dengan populasi 40 persen dari jumlah penduduk dunia, kaum muda dinilainya mampu membuat perubahan besar.

"Dialog terbuka di kalangan anak muda bisa menciptakan perubahan besar," kata Olivia saat menjadi bintang tamu dialog tentang pemberdayaan kaum muda dalam memerangi HIV yang diadakan oleh @america di Mal Pacific Place, Jl Sudirman, Jakarta, dan ditulis pada Minggu (3/2/2013).

Menurut gadis berbintang Taurus ini, kontribusi kaum muda dalam memerangi HIV-AIDS adalah dengan meningkatkan awareness atau kepedulian terhadap masalah ini. Bisa dimulai dari langkah kecil seperti membicarakannya dengan terbuka, baik dengan teman maupun keluarga.

Kurangnya pemahaman yang benar tentang HIV-AIDS seringkali dipicu oleh kurang terbukanya informasi karena masih dianggap tabu oleh sebagian kalangan. Akhirnya muncul stigma negatif, lalu orang yang berisiko pun menjadi sungkan untuk memeriksakan diri.

Pencegahan juga menjadi lebih sulit dilakukan ketika pemahaman tentang HIV masih rendah. Misalnya penggunaan kondom, sebagian orang menganggap tidak perlu saat berhubungan seks dengan pasangan resmi. Padahal jika salah satu pasangan punya perilaku berisiko, maka kondom bisa mencegah penularan.

Bahkan, kurangnya pemahaman juga bisa memicu diskriminasi terhadap pengidap HIV-AIDS. Masih sering terdengar dalam beberapa kasus, seseorang tidak diterima di sebuah sekolah atau dikeluarkan dari tempat kerja hanya karena positif mengidap HIV.

"Kita harus bisa merasa nyaman untuk membicarakan realita atas kondisi ini (epidemi HIV-AIDS) dengan terbuka," tegas Olivia.

Sumber: http://health.detik.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7334