Atasi Kasus HIV/AIDS di Bali Jadi Janji Puspayoga
Tanggal: Tuesday, 12 February 2013
Topik: HIV/AIDS


Berita8.com, 11 Februari 2013

Jelang pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, cagub dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Anak Agung Ngurah Puspayoga mengangkat isu maraknya wabah HIV/AIDS.

"Kami berkomitmen untuk menekan angka kasus HIV/AIDS yang penyebarannya semakin meluas, tidak hanya di perkotaan tetapi juga sampai warga pedesaan sudah terjangkit penyakit tersebut," katanya di Denpasar, Senin (11/2).

Pupayoga yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Bali itu mengajak semua pihak dilibatkan dalam menanggulangi HIV/AIDS.

"Masalah ini menjadi tanggung jawab bersama, tidak saja pemerintah pusat dan daerah. Karena itu sangat diperlukan membangun komunikasi pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota," katanya didampingi Calon Wagub Bali Dewa Nyoman Sukrawan.

Ia juga berjanji jika nanti terpilih sebagai Gubernur Bali untuk masa jabaran lima tahun ke depan akan berupaya untuk memerangi penyakit tersebut, termasuk juga yang menjadikan pemicu meningkatnya penyakit HIV.

"Saat ini yang rawan menyebarkan HIV/AIDS adalah pekerja komersil seksual atau PSK. Sarang-sarang PSK pun kami akan berupaya berantas dengan melibatkan pemerintah kabupaten dan kota," ujar Puspayoga yang kini menjabat Wakil Gubernur Bali itu.

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali, jumlah kasus HIV/AIDS di Pulau Dewata secara kumulatif mencapai 6.971 kasus.

Dari jumlah tersebut 75,8 persen penularannya melalui heteroseksual dan 40,50 persen penularannya terjadi pada kelompok umur 20-29 tahun. (aef/bt)

Sumber: http://berita8.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7353