2 Penderita HIV/AIDS di Jombang Tewas
Tanggal: Tuesday, 12 February 2013
Topik: HIV/AIDS


INILAH.COM, 12 Februari 2013

Jombang - Dua orang penderita HIV/AIDS di Jombang meninggal pada bulan Januari 2013. Dua orang tersebut berjenis kelamin laki-laki dan berusia antara 35 - 45 tahun.

"Berdasarkan deteksi temuan baru, untuk bulan Januari 2013 ini ada tujuh penderita HIV/AIDS. Dari jumlah itu, dua orang diantaranya meninggal dunia," kata Kabid Yankesmas Dinas Kesehatan Jombang, Dr Gaguk Heri Susanto, Selasa (12/2/2013).

Gaguk mengungkapkan, dibanding bulan sebelumnya, jumlah penderita HIV yang meninggal lebih sedikit. Betapa tidak, pada Desember 2012, tercatat ada 4 ODHA (orang dengan HIV/AIDS) meninggal. Kasus kematian tersebut memang paling tinggi dari cakupan deteksi ODHA yang mencapai 17 orang.

Sedangkan untuk deteksi temuan baru Januari kemarin, lanjut Gaguk, diketahui ada tujuh orang. Dari tujuh temuan baru itu, dua diantaranya meninggal dunia. "Keduanya berjenis kelamin laki-laki. ODHA yang meninggal dunia ini berusia produktif antara 35-45 tahun," katanya menerangkan.

Lebih jauh, Gaguk menjelaskan, sampai saat ini temuan kasus baru HIV/AIDS terus bermunculan ditengah masyarakat. Bahkan dampak virusnya mulai menyerang balita dan anak-anak yang tertular oleh orangtuanya. Dalam dua minggu di awal tahun 2012 saja sudah ada temuan kasus baru yang berada dalam pantauan.

"Karena itu, kepada masyarakat yang memiliki risiko tinggi tertular virus ini kami sarankan untuk segera memeriksakan diri ke klinik VCT RSUD Jombang. Pemeriksaan dini sebelum sakit itu sangat penting. Apalagi penyebaran penyakitnya sudah merajalela ke semua elemen masyarakat, termasuk anak-anak dan rumah tangga miskin," katanya. [beritajatim.com]

Sumber: http://nasional.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7354