Banjarmasin Bangun Puskesmas Khusus AIDS
Tanggal: Wednesday, 20 February 2013
Topik: Narkoba


REPUBLIKA.CO.ID, 20 Februari 2013

BANJARMASIN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menyediakan sebuah Puskesmas khusus.

Puskesmas itu khusus menangani penderita virus mematikan human immunodeficiency virus and acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS) di daerah tersebut.

''Puskesmas khusus menangani penyakit HIV/AIDS tersebut adalah Puskesmas Pekauman,'' kata Kepala Diskes Banjarmasin, Drg Diah R Praswasti, kepada wartawan di Banjarmasin.

Karena Puskesmas tersebut melayani perawatan penderita penyakit HIV/AIDS, maka petugas kesehatannya diberikan pelatihan mengenai perawatan penyakit tersebut. Puskesmas juga dilengkapi berbagai fasilitas yang bisa menangani penyakit tersebut.

Diah menyebutkan penyakit hilangnya kekebalan daya tubuh itu dinilai rawan. Karena, banyak warga setempat yang terjangkit atau tercatat 33 kasus.

"Serangan AIDS di kota Banjarmasin terus meningkat,'' katanya. ''Itu sungguh merisaukan hingga memerlukan kewaspadaan kita semua untuk menanggulanginya.''

Berdasarkan data petugas di lapangan, warga Banjarmasin yang terkena AIDS berjumlah sebanyak 33 orang. Jumlah yang terinveksi HIV tercatat 52 orang.

Sumber: http://www.republika.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7379