KESEHATAN Indramayu Intensif Tanggulangi Penyebaran HIV/AIDS hingga Desa
Tanggal: Thursday, 28 February 2013
Topik: HIV/AIDS


Suara Karya, 28 Februari 2013

INDRAMAYU: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu saat ini intensif melakukan penanggulangan penyebaran HIV/AIDS.

Menurut data yang ada saat ini, kasus HIV/AIDS di Indramayu telah menimpa 911 orang, dengan perincian HIV sebanyak 363 orang dan AIDS 548 penderita.

Hal itu diutarakan Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular Langsung (Kasi P2ML) Dinas Kesehatan Indramayu, Idham Latif, ketika dikonfirmasi usai menyampaikan presentasi kegiatan promosi klinik penanggulangan HIV/AIDS dengan moto "kriminalisasikan pembeli seks serta selamatkan ibu dan anak dari HIV/AIDS" di Balai Desa Karangsong, Indramayu, Rabu (27/2).

"Penderita HIV/AIDS di Indramayu merupakan jumlah terbesar di Jawa Barat dan menduduki peringkat keempat se-Indonesia. Jumlah yang meninggal akibat HIV/AIDS sudah mencapai 124 orang," kata Idham Latif.

Ia menyebutkan, dari kasus HIV/AIDS saat ini, penderita terbanyak jenis kelamin perempuan, yakni 70 persen, sedangkan laki-laki 30 persen.

Idham Latif menegaskan, di Indramayu penyebaran HIV/AIDS sudah cukup memprihatinkan. Oleh karena itu, penyuluhan pencegahan penyebaran HIV/AIDS juga berisi materi tentang pentingnya peranan kehidupan beragama. "Yang terpenting seluruh warga menguatkan agamanya dengan iman dan taqwa untuk berperilaku hidup yang baik berdasarkan agama," katanya.

Ia menambahkan, Indramayu sendiri sudah memiliki Perda No 9 Tahun 2009 tentang Penanggulangan HIV/AIDS. Namun, sampai saat ini belum muncul peraturan bupati (perbub)-nya.

Sementara itu, Koordinator Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Indramayu, Hasanudin, menjelaskan, pihaknya mendukung upaya pencegahan penyebaran HIV/AIDS.

"Kami punya program kerja yang akan dilaksanakan untuk menanggulangi HIV/AIDS, yaitu kegiatan implementasi unit pemberdayaan warga peduli AIDS (WAPA)," katanya. (Kusyana)

Sumber: http://www.suarakarya-online.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7393