Bayi Terlahir dengan HIV Akhirnya Sembuh
Tanggal: Tuesday, 05 March 2013
Topik: HIV/AIDS


INILAH.COM, 05 Maret 2013

Mississippi - Seorang bayi yang terlahir dengan mengidap virus HIV berhasil disembuhkan dengan kombinasi pengobatan sejak kelahiran. Seperti apa pengobatannya?

Tampaknya keajaiban telah terjadi. Seorang bayi perempuan yang terlahir dengan mengidap HIV dari rahim ibunya berhasil disembuhkan dengan menggunakan kombinasi pengobatan yang agresif.

Bayi titu telah diuji lima kali sebelumnya dan terbukti positif mengidap HIV. Namun dalam usia dua setengah tahun dan pemberian obat yang intensif selama setahun, bayi tersebut akhirnya sembuh.

Rupanya, bayi tersebut diberikan terapi obat antiretroviral selama 30 jam setelah kelahirannya.

Pengobatan agresif ini sepertinya memberikan kontribusi besar untuk pemusnahan virus dengan melumpuhkan virusnya terlebih dahulu, sebelum virus tersebut melumpuhkan sistem kekebalan tubuh dari bayi tersebut.

Masih harus dilihat apakah ini menyembuhkan secara penuh dan permanen, tapi setidaknya ini menawarkan secercah harapan pada lebih dari 300 ribu bayi yang dilahirkan dengan HIV di seluruh dunia tiap tahun.

PBB memperkirakan pada tahun 2011 bahwa 330 ribu bayi yang baru dilahirkan terinfeksi HIV, dan bahwa lebih dari 3 juta anak-anak secara global hidup dengan HIV, seperti dikutip dari NYtimes.

Studi lanjutan sudah direncanakan untuk menguji apakah pengobatan agresif ini juga bekerja pada bayi lainnya.

Jika obat ini dapat diverifikasi secara luas, dipahami, dan direplikasi, ini dapat menjadi sebuah langkah maju dalam perang melawan HIV/ AIDS pada anak-anak, dan akhirnya perang melawan HIV/ AIDS untuk semua orang. [ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7413