Project CIMSA Unissula Dipresentasikan di AS
Tanggal: Tuesday, 12 March 2013
Topik: Narkoba


Suaramerdeka.com, 12 Maret 2013

SEMARANG - Project dari CIMSA (Center for Indonesian Medical Student’s Activities) Unissula yaitu Processus dan Testis akan dipresentasikan dalam Project Fair IFMSA (International Federation Medical Student Asociation). Project itu sendiri digelar dalam March meeting pada tanggal 9-15 maret 2013 di Washington DC Amerika Serikat.

Hebatnya, Project Processus dan Testis lolos seleksi project dengan tema MDGs dengan mengalahkan project-project dari universitas lain yang juga tak kalah hebatnya. Processus (program social care and treatment cimsa Unissula) adalah project bina desa dari CIMSA Unissula yang diadakan di desa Tambak Mulyo Semarang.

Tujuan utama dibukanya desa binaan ini agar timbul peningkatan kesehatan di daerah tersebut. Kegiatan yang dilakukan di desa ini tentang peningkatan kualitas kesehatan. Mulai dari penyuluhan kesehatan, penyuluhan tentang makanan gizi yang baik, Kegiatan cek tensi gratis dan pengobatan masal.

Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat maupun relasi yang ikut berkontribusi antara lain adalah Fakultas Kedokteran Gigi Unissula angkatan 2009, Hexafarm, dan Puskesmas desa setempat. Project selanjutnya adalah TESTIS (The Educational School Partnership to Avoid AIDS) project ini focus terhadap penanggulangan HIV dan AIDS bagi remaja.

"Acaranya berupa diskusi dan penyuluhan kepada siswa SMA di kota Semarang tentang HIV-AIDS dan bahayanya. Di puncak acara kami memberikan seminar kepada mahasiswa dan umum tentang HIV dan AIDS sekaligus sebagai bentuk nyata CIMSA concern dalam mengurusi HIV dan AIDS di kota Semarang. Acara ini bekerjasama dengan banyak pihak antara lain Standup Comedy Semarang, Komunitas Seni Budaya Unissula, Badan Narkotika Nasional, dan komisi penanggulangan AIDS," demikian keterangan dari pihak Unisulla, belum lama ini.

IFMSA adalah organisasi mahasiawa kedokteran internasional yang menaungi semua oraganisasi mahasiswa kedokteran di berbagai negara termasuk Indonesia.

Kegiatan yang di lakukan oleh IFMSA adalah kegiatan yang berbasis kesehatan seperti penyuluhan, pengobatan masal, edukasi kesehatan kepada masyarakat dan mahasiswa kedokteran itu sendiri. Selain itu IFMSA juga rutin mengadakan temu tahunan sebagai momen berkumpul dan berbagi ide bagi semua mahasiwa kedokteran.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7422