Pemkab Jembrana Diminta Serius Kasus HIV/AIDS Terus Meningkat
Tanggal: Tuesday, 19 March 2013
Topik: HIV/AIDS


Bali Post, 19 Maret 2013

Negara - Kasus HIV/AIDS di Jembrana terus meningkat setiap tahunnya. Untuk itu, Dinas Kesehatan diharapkan lebih gereget melakukan sosialiasiasi pencegahan HIV/AIDS ini terutama bagi generasi muda. Apalagi saat ini, Kabupaten Jembrana menempati posisi ketiga jumlah terbanyak pengidap HIV/AIDS di Bali. Demikian terungkap saat Musrebang Kabupaten Jembrana yang digelar di Kantor Bupati Jembrana, Senin (18/3) kemarin.

Ketua Forum Kebangkitan Masyarakat Jembrana (FKMJ), IGN Nodher, menyatakan keprihatinannya atas kasus tersebut. Menurutnya, penularan yang paling rentan dari hubungan intim dan bahkan merambah hingga generasi muda. Pihaknya mendorong pemerintah supaya menyikapi hal ini secara serius.

Perbekel Yehembang, Ketut Wadia, juga mengaku khawatir dengan merebaknya kasus HIV/AIDS di Kabupaten Jembrana. Wadia berharap dinas terkait segera bertindak guna mengatasi hal ini. Sekda Jembrana, Gede Gunadnya, yang memimpin Musrenbang itu menanggapi harapan itu juga mendesak agar Dinas Kesehatan lebih gereget dan serius untuk mensosialisasikan bahaya HIV/AIDS ini. "Kami harapkan agar ada upaya yang lebih konkret dan menyikapi hal ini dengan serius," harap Gunadnya.

Dari data di Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jembrana, secara komulatif jumlah kasus yang tercatat dari tahun 2005 hingga Januari 2013, sebanyak 401 kasus. Disisir dari wilayah, kasus terbanyak terdapat di Kecamatan Negara, sebanyak 111 kasus AIDS, sedangkan kasus HIV sebanyak 31 kasus. Kemudian, Melaya, 88 kasus AIDS dan 38 HIV, disusul Mendoyo, 49 kasus AIDS dan 19 kasus HIV. Sedangkan Kecamatan Jembrana 47 kasus AIDS dan 6 kasus HIV, dan Pekutatan 12 kasus AIDS dan HIV nihil. (kmb26)

Sumber: http://www.balipost.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7435